Saturday, March 17, 2012

Laporan Akhir Lomba PTK Guru

PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS MELALUI MEDIA VISUALISASI TAFSIR AL-IBRIZ PADA SISWA KELAS XII-A PROGRAM ILMU ALAM MADRASAH ALIYAH NEGERI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Kusun Dahari
(Pemenang II PTK se-Jatim, Jateng dan DIY. Nopermber 2011 di Balitbang Semarang)


Mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits pada Madrasah Aliyah memiliki peranan dan fungsi penting sebagai berikut (1) Pemahaman, yaitu menyampaikan ilmu pengetahuan cara membaca dan menulis Al-Qur’an serta kandungan Al-Qur’an dan Hadits. (2) Sumber nilai, yaitu memberikan pedoman hidup untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. (3) Sumber motivasi, yaitu memberikan dorongan untuk meningkatkan kualitas hidup beragama, bermasyarakat dan bernegara. (4) Pengembangan, yaitu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik dalam meyakini kebenaran ajaran Agama Islam, melanjutkan upaya yang telah dilaksanakan dalam lingkungan keluarga maupun jenjang pendidikan sebelumnya. (5) perbaikan, yaitu memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam keyakinan, pemahaman dan pengamalan ajaran Islam peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. (6) Pencegahan, yaitu untuk menangkal hal-hal negatif dari lingkungan atau budaya lain yang dapat membahayakan diri peserta didik dan menghambat perkembangannya menuju manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt (Materi Workshop Bandungan, 2010)
Demikian juga halnya dalam pelaksanaan pembelajaran materi Al-Qur’an Hadits di MAN Sukoharjo juga mempunyai kendala yang bervariasi, mulai belum mampu membaca secara benar, kesulitan mengartikan atau memahami kandungan ayat, dan menentukan kedudukan kata dalam kalimat. Contoh kasus, apabila siswa diberikan bentuk soal dengan narasi, kemudian siswa diminta untuk menentukan atau memilih pilihan ayat yang sesuai dengan narasi tersebut mengalami kesulitan karena kurang paham mencari kata kunci dari ayat tersebut, dan belum mampu mengidentifikasi kedudukan kata dalam kalimat.

Jika berminat, hub: koesoen@yahoo.co.id

1 comment:

  1. Mbok ptk di all upload, sekaliyan bagi2 amal.

    ReplyDelete