Dzikir menurut al-Qur’an dan as-Sunnah
وَاصْبِرْ
نَفْسَكَ مَعَ الَّذِينَ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ بِالْغَدَاةِ
وَالْعَشِيِّ يُرِيدُونَ وَجْهَهُ وَلاَ تــَـعْدُ عَيْنَاكَ عَنْهُمْ
“Dan
bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi
dan senja hari dengan mengharap keridaan-Nya; dan janganlah kedua matamu
berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini; dan
janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati
Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas.”
[QS. Al-Kahfi: 28]Tafsir Ibnu Katsir menjelaskan sbb ditafsirnya :
وقوله "واصبر نفسك مع الذين يدعون ربهم
بالغداة والعشي يريدون وجهه" أي اجلس مع الذين يذكرون الله ويهللونه ويحمدونه ويسبحونه
ويكبرونه ويسألونه بكرة وعشيًا من عباد الله سواء كانوا فقراء أو أغنياء أو
أقوياء أو ضعفاء يقال إنها نزلت في أشراف قريش حين طلبوا من النبي صلى
الله عليه وسلم أن يجلس معهم وحده ولا يجالسهم بضعفاء أصحابه كبلال وعمار
وصهيب وخباب وابن مسعود وليفرد أولئك بمجلس على حدة فنهاه الله عن ذلك
Firman Alloh: “Dan bersabarlah kamu
bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari
dengan mengharap keridaan-Nya” yakni duduk bersama org yg berdzikir, bertahlil,
bertahmid bertasbih, bertakbir dan bermohon kpd Alloh di waktu pagi dan sore
dari hamba Alloh baik yg fakir atau kaya, yg kuat atau yg lemah. Dikatakan
sesungguhnya ayat ini turun berkenaan dgn pembesar2 Quraisy yg menghendaki agar
Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam duduk bersama mereka saja dan tdk duduk
bersama mereka org2 yg lemah dari para sahabat seperti Bilal bin Rabah, Ammar
bin Yasir, Suhaib, Khabbab dan Ibnu Mas’ud. Dan agar supaya mereka dibuatkan
majlis khusus [tdk bercampur dgn mereka pembesar Quraisy-pent], maka Alloh
melarang perbuatan itu.
وأخرج
ابن جرير والطبراني وابن مردويه، عن عبد الرحمن بن سهل بن حنيف قال: نزلت
على رسول الله صلى الله عليه وسلم وهو في بعض أبياته {واصبر نفسك مع الذين
يدعون ربهم بالغداة والعشي} فخرج يلتمسهم فوجد قوما يذكرون الله، فيهم
ثائر الرأس وجاف الجلد وذو الثوب الواحد، فلما رآهم جلس معهم وقال:
"الحمد لله الذي جعل في أمتي من أمري أن أصبر نفسي معهم".
وأخرج
البزار عن بي هريرة وأبي سعيد قالا: جاء رسول الله صلى الله عليه وسلم رجل يقرأ سورة
الحجر وسورة الكهف، فسكت فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "هذا
المجلس الذي أمرت أن أصبر نفسي معهم".
Dari ‘Abd al-Rahman bin Sahl bin Hanif, ia
berkata: Pada suatu saat, ketika Rasulullah Shollallohu ‘alaihi wa sallam
berada di salah satu rumahnya, turunlah ayat kepada beliau, yang ertinya: “Dan
bersabarlah kamu bersama orang-orang yang menyeru Tuhannya pada pagi dan senja
hari dengan mengharap keredhaan-Nya.” (Surah al-Kahfi: 28), Maka setelah
menerima wahyu itu, Rasulullah Shollallohu ‘alaihi wa sallam keluar untuk
mencari orang-orang yang dimaksudkan dalam ayat tersebut. Kemudian beliau
menjumpai sekelompok orang yang sedang sibuk berzikir. Di anatara mereka ada
yang rambutnya tidak teratur dan kulitnya kering, dan ada yang hanya memakai
sehelai kain. Ketika Rasulullah s.a.w. melihat mereka, beliau pun duduk bersama
mereka dan bersabda, yang artinya: “Segala puji bagi Allah, yang telah
menciptakan di antara umatku orang-orang yang mernyebabkan aku diperintahkan
duduk bersama mereka.” (HR. Thabrani, Ibn Jarir dan Ibn Mardawaih)
Dari Abu Hurairah ra. dan Abi Sa’id ra.
berkata, Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa sallam datang disaat seorang
laki-laki membaca surat Al-Hijr dan Al-Kahfi. Maka Rosululloh terdiam lalu
bersabda, “Inilah majelis yg aku diperintahkan agar bersabar berkumpul bersama
mereka [majelis dzikir-pent].” [HR. Al-Bazzar]
- (2675) حَدَّثَنَا
قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ، وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ -
وَاللَّفْظُ لِقُتَيْبَةَ - قَالَا: حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنِ الْأَعْمَشِ،
عَنْ أَبِي صَالِحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ
صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَقُولُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: «أَنَا
عِنْدَ ظَنِّ عَبْدِي بِي، وَأَنَا مَعَهُ حِينَ يَذْكُرُنِي، إِنْ ذَكَرَنِي
فِي نَفْسِهِ، ذَكَرْتُهُ فِي نَفْسِي، وَإِنْ ذَكَرَنِي فِي
مَلَإٍ، ذَكَرْتُهُ فِي مَلَإٍ هُمْ خَيْرٌ مِنْهُمْ، وَإِنْ تَقَرَّبَ
مِنِّي شِبْرًا، تَقَرَّبْتُ إِلَيْهِ ذِرَاعًا، وَإِنْ تَقَرَّبَ
إِلَيَّ ذِرَاعًا، تَقَرَّبْتُ مِنْهُ بَاعًا، وَإِنْ أَتَانِي
يَمْشِي أَتَيْتُهُ هَرْوَلَةً» [روه مسلم]
.........Dari
Abu Hurairah ra., ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: Allah Taala berfirman:
Aku sesuai dengan persangkaan hamba-Ku terhadap-Ku dan Aku selalu bersamanya
ketika dia mengingat-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku pun
akan mengingatnya dalam diri-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam suatu jema’ah
manusia, maka Aku pun akan mengingatnya dalam suatu kumpulan makhluk yang lebih
baik dari mereka. Apabila dia mendekati-Ku sejengkal, maka Aku akan
mendekatinya sehasta. Apabila dia mendekati-Ku sehasta, maka Aku akan
mendekatinya sedepa. Dan apabila dia datang kepada-Ku dengan berjalan, maka Aku
akan datang kepadanya dengan berlari. (HR. Muslim (2675/4832)
Dalam sahih Bukhari dan Muslim disebutkan
pada Bab Dzikir setelah shalat, dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau
berkata
أَنَّ رَفْعَ
الصَّوْتِ بِالذِّكْرِ حِينَ يَنْصَرِفُ النَّاسُ مِنْ الْمَكْتُوبَةِ كَانَ عَلَى عَهْدِ النَّبِيِّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ كُنْتُ أَعْلَمُ
إِذَا انْصَرَفُوا بِذَلِكَ إِذَا سَمِعْتُهُ
“Sesungguhnya
mengeraskan suara dzikir ketika orang-orang usai melaksanakan shalat wajib
merupakan kebiasaan yang berlaku pada zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi
wasallam.” Ibnu Abbas menambahkan, ‘Aku mengetahui mereka selesai shalat dengan
itu, apabila aku mendengarnya.”
وعن أبي هريرة قال
قَالَ رَسُوْل اللهِ صَلًَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمََ: إن لله ملائكة يطوفون في الطرق يلتمسون أهل الذكر
فإذا وجدوا قوما يذكرون الله عز وجل تنادوا هلموا إلى حاجتكم قال فيحفونهم
بأجنحتهم إلى السماء الدنيا قال فيسألهم ربهم وهو أعلم منهم ما يقول
عبادي قال يقولون يسبحونك ويكبرونك ويحمدونك ويمجدونك قال فيقول عز وجل هل
رأوني قال فيقولون لا والله ما رأوك قال فيقول كيف لو رأوني قال يقولون
لو رأوك كانوا أشد لك عبادة وأشد لك تمجيدا وأكثر لك تسبيحا قال فيقول
فما يسألوني قال يسألونك الجنة قال يقول وهل رأوها قال فيقولون لا والله يا
رب ما رأوها قال يقول فكيف لو رأوها قال يقولون كانوا أشد عليها حرصا
وأشد لها طلبا وأعظم فيها رغبة قال فمم يتعوذون قال يقولون من النار قال يقول
وهل رأوها قال فيقولون لا والله يا رب ما رأوها قال يقول فكيف لو رأوها
قال يقولون كانوا أشد منها فرارا وأشد لها مخافة قال فيقول فأشهدكم أني قد
غفرت لهم قال يقول ملك من الملائكة فيهم فلان ليس منهم إنما جاء لحاجة قال
فيقول الله تعالى هم الجلساء لا يشقى زبهم جليسهم. [رواه البخاري ومسلم
والترمذي]
Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata,
Rasulullah Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah mempunyai malaikat
yang berterbangan di seluruh pelusuk bumi untuk mencari dan menulis amal baik
manusia. Apabila mereka menjumpai sekumpulan manusia berzikir kepada Allah lalu
mereka menyeru sesama mereka: “Marilah ke sini, kita telah menemui apa yang
kita cari.” Lantas mereka datang berduyun-duyun sambil menghamparkan sayap
menaungi orang-orang yang sedang berdzikir itu.
Selepas itu lalu Allah bertanya kepada para
malaikat, “Apakah yang sedang dilakukan hamba-hamba-Ku itu ketika kamu
meninggalkan mereka?” Malaikat menjawab, “Mereka di dalam keadaan memuji,
mengagungkan dan bertasbih kepada-Mu wahai Allah.” Allah bertanya lagi, “Adakah
mereka itu pernah melihat-Ku?” Jawab malaikat, “Tidak pernah!” Allah terus
bertanya, “Bagaimana sekiranya mereka melihatKu?” Jawab malaikat, “Jika mereka
melihat-Mu, nescaya akan bersangatanlah mereka mengagungkan, bertasbih dan bertahmid
kepada-Mu ya Allah.”
Allah bertanya lagi, “Mereka memohon
perlindungan-Ku daripada apa?” Malaikat menjawab, “Daripada neraka.” Allah
bertanya, “Adakah mereka pernah melihat neraka?” Jawab malaikat, “Tidak
pernah!” Allah bertanya, “Bagaimana sekiranya mereka dapat melihat neraka?”
Malaikat menjawab, “Mereka akan lari sejauh-jauhnya dari neraka kerana
ketakutan.” Allah bertanya, “Apakah permintaan mereka?” Malaikat menjawab,
“Mereka meminta daripadaMu syurga.” Allah bertanya, “Adakah mereka pernah melihat
syurga?” Jawab malaikat, “Tidak pernah.” Allah bertanya, “Bagaimana sekiranya
mereka dapat melihat syurga?” Malaikat menjawab, “Mereka sangat haloba untuk
memperolehinya,” Lalu Allah berkata, “Sesungguhnya aku bersaksi, bahawa aku
telah mengampunkan mereka.”
Para malaikat bertanya pula, “Wahai Allah!
Seseorang telah datang ke dalam kumpulan ini dan dia tidak bercita-cita untuk
menjadi sebahagian daripada mereka.” Allah menjawab, “Mereka ini adalah
segolongan manusia yang tidak menyakiti orang yang menyertai mereka.” (HR.
Bukhari, Muslim dan Tirmidzi)
- (3375) - -
حَدَّثَنَا
أَبُو كُرَيْبٍ قَالَ: حَدَّثَنَا زَيْدُ بْنُ حُبَابٍ، عَنْ مُعَاوِيَةَ بْنِ صَالِحٍ، عَنْ عَمْرِو بْنِ
قَيْسٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُسْرٍ، أَنَّ رَجُلًا قَالَ: يَا رَسُولَ
اللَّهِ إِنَّ شَرَائِعَ الإِسْلَامِ قَدْ كَثُرَتْ عَلَيَّ، فَأَخْبِرْنِي
بِشَيْءٍ أَتَشَبَّثُ بِهِ، قَالَ: «لَا يَزَالُ لِسَانُكَ رَطْبًا مِنْ
ذِكْرِ اللَّهِ» : «هَذَا
حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ مِنْ هَذَا الوَجْهِ» [روه الترمذى] [حكم الألباني] :
صحيح
......Dari
Abdulloh bin Yasar ra. Sesungguhnya seorang lelaki berkata: Ya Rosulalloh,
sesungguhnya syaria’at islam sungguh sangatlah banyak menurutku, maka
kabarkanlah kepadaku sesuatu yg simpel. Rosul bersabda, “Basahilah selalu
lisanmu dgn berdzikir kpd Alloh.” [HR. Tirmidzhi hadits hasan ghorib yg
dishohihkan Al-Bani]
) -3378 (- حَدَّثَنَا
مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ قَالَ: حَدَّثَنَا
سُفْيَانُ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، عَنْ الأَغَرِّ أَبِي مُسْلِمٍ، أَنَّهُ
شَهِدَ عَلَى أَبِي هُرَيْرَةَ، وَأَبِي سَعِيدٍ الخُدْرِيِّ،
أَنَّهُمَا شَهِدَا عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَنَّهُ قَالَ: «مَا مِنْ قَوْمٍ يَذْكُرُونَ اللَّهَ إِلَّا حَفَّتْ
بِهِمُ المَلَائِكَةُ، وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ، وَنَزَلَتْ عَلَيْهِمُ
السَّكِينَةُ، وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ» .
حَدَّثَنَا يُوسُفُ بْنُ يَعْقُوبَ قَالَ: حَدَّثَنَا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ
قَالَ: حَدَّثَنَا شُعْبَةُ، عَنْ أَبِي إِسْحَاقَ، قَالَ: سَمِعْتُ
الأَغَرَّ أَبَا مُسْلِمٍ، قَالَ: أَشْهَدُ عَلَى أَبِي سَعِيدٍ، وَأَبِي
هُرَيْرَةَ، أَنَّهُمَا شَهِدَا عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَذَكَرَ مِثْلَهُ. هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ
صَحِيحٌ [روه الترمذى] [حكم
الألباني] : صحيح
.......Dari
Abu Hurairah ra dan Abu Sa’id Al-Khudzri ra. Sesungguhnya keduanya bersaksi
atas sabda Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa sallam, sesungguhnya beliau
bersabda, “Tidaklah duduk sekelompok org yg berdzikir kpd Alloh kecuali mereka
dikelilingi oleh para malaikat, dianegerahi rohmat. Diberikan ketenteraman
serta senantiasa diingat [diperhatikan dan dibanggakan-pent] oleh Alloh
dihadapan para malaikat-Nya.”............. [HR. Muslim dan Tirmidzi hadits
hasan shohih dan dishohihkan Al-Bani]
Dzikir dgn suara jahr [keras] menurut
al-Qur’an, Hadits dan para ulama
وَاذْكُرْ رَبَّكَ فِي
نَفْسِكَ تَضَرُّعًا وَخِيفَةً وَدُونَ الْجَهْرِ مِنَ الْقَوْلِ بِالْغُدُوِّ وَالآصَالِ وَلا تَكُنْ
مِنَ الْغَافِلِينَ
“Dan
sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut,
dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah
kamu termasuk orang-orang yang lalai.” [QS. Al.A’raaf: 205]
قُلِ ادْعُوا
اللَّهَ أَوِ ادْعُوا الرَّحْمَنَ أَيًّا مَا تَدْعُوا فَلَهُ الأسْمَاءُ
الْحُسْنَى وَلا تَجْهَرْ بِصَلاتِكَ وَلا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلا
“Katakanlah:
"Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu
seru, Dia mempunyai al asmaaulhusna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu
mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya dan
carilah jalan tengah di antara kedua itu" [QS. Al-Israa’: 110]
Tafsir Jalalain menjelaskan [QS. Al.A’raaf:
205] sbb:
(واذكر ربك في نفسك)
أي سراً (تضرعاً) تذللاً (وخيفةً) خوفاً منه (و) فوق السر (دون الجهر من القول) أي قصداً بينهما (بالغدو
والآصال) أوائل النهار وأواخره (ولا تكن من الغافلين) عن ذكر الله
(Dan
sebutlah (nama) Tuhanmu dalam hatimu) yakni sirr (dengan merendahkan diri)
merendah (dan rasa takut) takut dari siksa-Nya (dan) diatas sirr [suara lirih]
(tidak mengeraskan suara) yakni antara pelan dan keras [sedang] (di waktu pagi
dan petang) pagi dan sore hari (dan janganlah pula merendahkannya dan carilah
jalan tengah di antara kedua itu) dari mengingat Alloh [berdzikir].
Tafsir Ibnu Katsir menjelaskan [QS.
Al-Israa’: 110] sbb:
وقوله "ولا تجهر بصلاتك" الآية. قال
الإمام أحمد حدثنا هشيم حدثنا أبو بشر عن سعيد بن جبير عن ابن عباس قال نزلت هذه الآية ورسول
الله صلى الله عليه وسلم متوار بمكة "ولا تجهر بصلاتك ولا تخافت
بها" قال كان إذا صلى بأصحابه رفع صوته بالقرآن فلما سمع ذلك المشركون سبوا
القرآن وسبوا من أنزله ومن جاء به قال: فقال الله تعالى لنبيه صلى الله عليه
وسلم "ولا تجهر بصلاتك" أي بقراءتك فيسمع المشركون فيسبون
القرآن "ولا تخافت بها" عن أصحابك فلا تسمعهم القرآن حتى يأخذوه عنك "وابتغ بين ذلك
سبيلا" أخرجاه في الصحيحين
Dan firman Alloh, “dan janganlah kamu
mengeraskan suaramu dalam shalatmu” Imam Ahmad berkata, Hasyim dan Abu Basyar
berkata kepadaku dari Sa’id bin Jabir dari Ibnu Abbas ra. berkata, “Turun ini
ayat sewaktu Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa sallam berada di Makkah. “dan
janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula
merendahkannya,” Ibnu Abbas berkata, “ Adalah ketika Rosululloh Shollallohu
‘alaihi wa sallam sholat bersama sahabatnya mengeraskan suaranya dalam membaca
ayat al-Qur’an. Maka ketika hal itu didengar org2 musyrik mereka mencaci al-Qur’an,
mencaci org yg diturunkan al-Qur’an [Nabi], dan yg menurunkannya [Alloh]. Ibnu
Abbas berkata, “ Maka Alloh berfirman kpd Nabi-Nya Shollallohu ‘alaihi wa
sallam “dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu” yakni bacaan
al-Quranmu didengar org2 musyrik dan mereka mencacinya. “dan janganlah pula
merendahkannya” dari sahabat2mu sehingga mereka tdk mendengar bacaan al-Quran
sehingga mereka bisa mengambil pelajaran darimu. “dan carilah jalan tengah di
antara kedua itu" [ suara sedang-pent] [HR. Bukhari Muslim]
اختلف الفقهاء في
رفع الصوت بالذكر بعد الصلاة ، فمنهم من ذهب إلى أنه سنة ، ومنهم من كره ذلك وقال : إن النبي صلى الله عليه
وسلم لم يداوم عليه وإنما فعله للتعليم ثم تركه
عن
أبي معبد مولى ابن عباس أن ابن عباس رضي الله عنهما أخبره أن رفع الصوت بالذكر حين ينصرف الناس
من المكتوبة كان على عهد النبي صلى الله عليه وسلم ، وقال ابن عباس : كنت
أعلم إذا انصرفوا بذلك إذا سمعته . رواه البخاري ( 805
)
ومسلم ( 583 (
Ulama fikih berbeda pendapat tentang
mengeraskan suara berdzikir selapas sholat. Sebagian mereka ada yg menganggap
itu sunnah, dan sebagian memakruhkan hal itu dgn perkataan, “Sesungguhnya Nabi
Shollallohu ‘alaihi wa salllam tdk melakukannya terus menerus, sesungguhnya
Rosul melakukannya hanya unt mengajari dan kemudian meninggalkannya.
Dari Ma’bad majikan Ibnu Abbas sesungguhnya
Ibnu Abbas ra.. mengabarkan keduanya tentang mengeraskan suara dgn dzikir
selepas org2 selesai sholat maktubah [sholat lima waktu] sudah ada semasa Nabi
Shollallohu ‘alaihi wa sallam. Dan Ibnu Abbas ra berkata, “Aku lebih mengetahui
ketika mereka selesai sholat sehingga aku mendengarnya.” [HR. Bukhari (805)
Muslim (583)]
فممن ذهب إلى رفع
الصوت بالذكر بعد الصلاة : الطبري وابن حزم وشيخ الإسلام وغيرهم .وممن ذهب إلى أن ذلك كان للتعليم : الشافعي
والجمهور .
قال الشافعي رحمه
الله : " وأختار للإمام والمأموم أن يذكر الله بعد الانصراف من الصلاة ،
ويخفيان الذكر إلا أن يكون إماماً يجب أن يُتعلم منه فيجهر حتى يرى أنه قد
تُعلم منه ، ثم يسر ؛ فإن الله عز وجل يقول ( ولا تجهر بصلاتك ولا تخافت بها
) يعنى – والله تعالى أعلم - : الدعاء ، ( ولا تجهر ) ترفع ، ( ولا تخافت ) حتى لا تُسمع نفسك .
وذكرتْ
أم سلمة مكثه ولم تذكر جهراً ، وأحسبه لم يمكث إلا ليذكر ذكراً غير جهر "
انتهى من "الأم" (1 /127).
وقال
ابن حزم رحمه الله : " ورفع الصوت بالتكبير إثر كل صلاة حسن " انتهى من
"المحلى" (3 /180(
Diantara ulama yg sepakat dgn mengeraskan
suara dlm berdzikir selesai sholat adalah Ath-Thobari, Ibnu Hazm, Syaikhul
islam Ibnu Taimiyah dan yg lainnya. Dan ulama yg sepakat bhw suara keras itu
hanya unt mengajarkan adalah Imam Syafi’i dan jumhur ulama.
Imam Syafi’i berkata rohimahulloh: Dan yg
terpilih untuk imam dan makmum adalah agar berdzikir kpd Alloh setelah selesai
sholat, dan merendahkan suara dlm berdzikir kecuali imam ingin agar diketahui
[diikuti makmum] maka mengeraskannya sehingga diketahui apa yg telah diajarkan,
kemudian tdk memperdengarkannya. Karena sesungguhnya Alloh ‘Azza wa Jalla
berfirman (dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah
pula merendahkannya) yakni Alloh Ta’ala lbh mengetahui do’a (dan janganlah kamu
mengeraskan) meninggikan suara (dan janganlah pula merendahkannya) sehingga
dirimu sendiri tdk mendengar.
Ummu Salamah menyebutkan bhw Rosul berdiam
dan tdk berdzikir dgn suara keras, dan menyangkanya Rosul tdk diam [bersuara]
kecuali unt memperingatkan bahwa dzikir itu tdk dgn suara keras. [Al-Uum 1/127]
Ibnu Hazm rohimahulloh berkata, “Mengeraskan
suara kalimat takbir selesai sholat adalah perbuatan baik [Al-Mahalli 3/180]
ونقل البهوتي في
"كشاف القناع" (1/366) عن شيخ
الإسلام ابن تيمية استحباب الجهر : " ( قال الشيخ [أي ابن تيمية] : ويستحب
الجهر بالتسبيح والتحميد والتكبير عقب كل صلاة " .
وسئل
الشيخ محمد بن صالح العثيمين رحمه الله عن حكم المسألة فأجاب :
"
الجهر
بالذكر بعد الصلوات المكتوبة سنة ، دل عليها ما رواه الإمام أحمد وأبو داود .
وفي الصحيحين من حديث المغيرة بن شعبة رضي الله عنه قال : سمعت النبي صلى
الله عليه وسلم يقول إذا قضى الصلاة : ( لا إله إلا الله وحده لا شريك له
..) الحديث . ولا يُسمع القول إلا إذا جهر به القائل .
وقد اختار الجهر
بذلك شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله وجماعة من السلف والخلف ، لحديثي ابن
عباس ، والمغيرة رضي الله عنهم . والجهر عام في كل ذكر مشروع بعد الصلاة سواء كان تهليلا ، أو تسبيحا ، أو
تكبيرا ، أو تحميدا لعموم حديث ابن عباس ، ولم يرد عن النبي صلى الله عليه
وسلم التفريق بين التهليل وغيره بل جاء في حديث ابن عباس أنهم يعرفون انقضاء
صلاة النبي صلى الله عليه وسلم بالتكبير ، وبهذا يُعرف الرد على من قال
لا جهر في التسبيح والتحميد والتكبير .
Al-Bahuti mengatakan dlm “Kasyaf Al-Qana’”
(1/366) dari Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah menyukai dzikir jahr...” Syeikh Ibnu
Taimiyah berkata, “Dan disukai bersuara kera dlm bertasbih, bertahmid dan
bertakbir selesai sholat.”
Syeikh Muhammad bin Sholih Al-Utsaimin
ditanya tentang hukum suatu pertanyaan [tentang dzikir] maka menjawabnya:
“Dzikir dgn suara keras selepas sholat maktubah hukumnya sunnah, petunjuk akan
kesunnahannya adalah hadits yg diriwayatkan Imam Ahmad dan Abu Daud dalam
hadits shohihnya dari hadits Al-Mughiroh bin Syu’bah ra. berkata: Aku mendengar
dari Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda ketika selesai sholat (Laa
ilaaha illalloh wahdahu laa syarika lah) Al-Hadits. Dan tdk bisa didengar itu
ucapan kecuali ketika dikeraskan suara org yg mengucapkannya.”
Dan sungguh telah memilih dgn suara keras
Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah rohimahulloh dan jama’ah ulama’ salaf dan kholaf,
karena hadits Ibnu Abbas ra. dari Al-Mughiroh bin Syu’bah ra. Dan suara keras
dlm berdzikir yg disyari’atkan itu bersifat umum sesudah sholat [wajib atau
sunnat] sama saja itu tahlil, tasbih, takbiratau tahmid unt keumuman hadits
dari Ibnu Abbas ra. yg tdk tertolak dari hadits Nabi Shollallohu ‘alaihi wa
sallam dgn membedakan antara tahlil dan yg lainnya, tetapi telah datang hadits
dari Ibnu Abbas ra. sesungguhnya mereka [sahabat] mengetahui selesainya sholat
Nabi Shollallohu ‘alaihi wa sallam dgn kalimat takbir, dan dgn ini diketahui
penolakan terhadap org yg mengatakan bhw tasbih, tahmid dan takbir tdk dgn
suara keras.
وقال
رحمه الله : " فالمهم أن القول الراجح : أنه يسن الذكر أدبار الصلوات على الوجه المشروع ، وأنه
يسن الجهر به أيضا - أعني
رفع الصوت - ولا يكون رفعا مزعجا فإن هذا لا ينبغي ، ولهذا لما رفع الناس أصواتهم
بالذكر في عهد الرسول عليه الصلاة والسلام في قفولهم من خيبر قال : ( أيها الناس ، أربعوا على أنفسكم ) ،
فالمقصود بالرفع ، الرفع الذي لا يكون فيه مشقة وإزعاج " انتهى من
"مجموع فتاوى الشيخ ابن عثيمين" (13/247، 261))
Maka Syeikh Muhammad bin Sholih Al-Utsaimin
rohimahulloh berkata: “Maka sesungguhnya qaul [hujjah] yg rojih [kuat dan
terpilih] adalah disunnahkan berdzikir selepas sholat lima waktu sesuai yg
disyari’atkan, dan jg disunnahkan mengeraskannya, -aku maksudkan mengangkat
suara [sedang]- dan tdk dgn suara yg terlalu keras itu tdk baik, karena hal ini
ketika org2 mengeraskan suara dlm berdzikir dimasa Rosululloh Shollallohu
‘alaihi wa sallam waktu perjumpaan mereka di bukit khoibar Nabi bersabda,
“Wahai manusia, pelankanlah [tahanlah] diri kalian.” Maka yg dimaksud [tidak]
dgn suara keras, mengeraskan suara yg tdk diperlukan krn tdk ada halangan.
[Majmu’ Fatawa Asy-Syaikh Ibnu Utsaimin 13/247-261]. Wallohu a’lam bish-Showab
Berikut saya kemukan Fatwa-ulamma WAHABI
juaga sebagai perbandingannya
Adapun orang yang berkata bahwa menjaharkan
bacaan dzikir sesudah shalat adalah bid’ah, sungguh dia telah salah. Bagaimana
sesuatu yang biasa dilaksanakan pada zaman Nabi shallallahu 'alaihi wasallam
disebut bid’ah?! (Syaikh Utsaimin)
Yang sunnah adalah menjaharkan dzikir sesudah
shalat lima waktu dan sesudah shalat Jum’at ba’da salam. (Syaikh Ibnu Bazz)
Sedangkan dzikir sesudah shalat, maka yang
sunnah adalah menjaharkannya sesuai dengan hadits-hadits shahih yang
menyebutkan bahwa para sahabat menjaharkan dzikir sesudah shalat. (Syaikh
Shalih Fauzan)
Fatwa Lajnah Daimah
Disyariatkan untuk mengeraskan dzikir setelah
shalat wajib, karena adanya keterangan yang shahih dari hadits Ibnu Abbas
radhiyallahu 'anhu, (ia mengatakan): “Sesungguhnya mengeraskan dzikir saat
selesai dari shalat wajib, itu telah ada di masa Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam “. Ibnu Abbas juga mengatakan: “Aku tahu selesainya shalat mereka itu,
saat ku dengar (suara dzikir) itu”.
(Mengeraskan dzikir setelah shalat wajib
tetap disunnahkan), meski ada orang-orang yang masih menyelesaikan shalatnya,
baik mereka itu (menyelesaikan shalatnya secara) sendiri-sendiri atau dengan
berjama’ah. Dan hal itu (yakni mengeraskan dzikir) disyariatkan pada semua
shalat wajib yang lima waktu.
No comments:
Post a Comment